ORGANISASI DAN EKSTRAKURIKULER

 

A. ORGANISASI SEKOLAH

1. OSIS
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah. OSIS SMK Negeri 2 Cilacap membina siswa untuk lebih aktif dan kreatif di luar kegiatan belajar di dalam kelas.

 

2. PRAMUKA

Pramuka adalah kependekan dari Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang senang bekerja/berkarya. Sifat Gerakan Pramuka adalah non-governmental. Hal ini diatur dalam Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Pramuka SMK Negeri 2 Cilacap merupakan ekstrakulikuler wajib bagi setiap siswa. Hal ini dikarenakan dengan pramuka siswa dilatih untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan.

 

3. PMR/PKS
Palang Merah Remaja atau PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. PMR Wira SMK Negeri 2 Cilacap membimbing siswa untuk lebih cakap dan tanggap dalam melakukan tindakan pra bencana dan melakukan penanggulangan pasca bencana. 

 

4. GERIMIS
Gerakan Remaja Islam (Gerimis) merupakan organisasi yang berbasis pada pembelajaran ahlak dan taqwa sebagai umat beragama, terutama agama Islam. Disamping itu, Gerimis juga mengajarkan untuk lebih peka dan peduli terhadap orang-orang yang kurang mampu dilingkungan, terutama lingkungan sekolah. Gerimis SMK Negeri 2 Cilacap membimbing siswa untuk berpedoman pada Al-Qur’an dalam setiap tindakan yang dilakukan termasuk dalam berkasih sayang terhadap sesama. 

 

5. PA
Pecinta Alam (PA) ialah organisasi yang memiliki tujuan yang dimiliki oleh para pecinta alam. Organisasi ini menyangkut semua yang ada di alam ini. Kegiatan-kegiatan seperti mendaki, memanjat tebing, susur goa dan sebagainya yang sudah menjadi ciri dari organisasi pecinta alam hanya untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap alam serta menyalurkan hobi. PA SMK Negeri 2 Cilacap membimbing siswa untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dalam setiap kegiatannya.

 

B. EKSTRAKULIKULER

1. LPIR
LPIR (Latihan Penulisan Ilmiah Remaja) merupakan ekstrakurikuler yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan, dan teknologi dan kemudian menyalurkannya dalam sebuah perencanaan dan perumpamaan hasil kreasi dalam bentuk penulisan karya ilmiah. LPIR SMK Negeri 2 Cilacap bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah, kejujuran dalam gejala alam yang ditemui dalam dengan kepekaan yang tinggi berdasarkan metode yang sistematis, objektif, rasional, dan berprosedur. Sehingga kegiatan tersebut dapat memberikan kompetensi pengembangan diri dalam kehidupan serta membimbing siswa agar lebih cerdas dalam menuliskan gagasan/buah pemikiran menjadi sebuah karya ilmiah yang dapat "dipromosikan" di tingkat nasional atau internasional..

 

2. Sepak Bola
Ekstrakulikuler Sepak Bola merupakan sebuah wadah penyaluran minat dan bakat siswa dalam bidang sepak bola. Ektrakurikuler sepak bola SMK Negeri 2 Cilacap diadakan untuk persiapan siswa mengikuti beberapa kejuaraan sepak bola, baik kejuaraan antar SMA/SMK, maupun POPDA.

 

3. Bola Volly
Ekstrakulikuler bola voli memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui ekstrakulikuler bola voli. Ekstrakulikuler bola voli SMK Negeri 2 Cilacap merupakan media untuk mendorong prestasi, pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.

 

4. Bulutangkis
Ekstrakulikuler bulutangkis dapat dijadikan salah satu kegiatan di luar jam sekolah untuk mengantisipasi hal-hal yang negatif, seperti antisipasi tawuran terhadap pelajar dan antisipasi penggunaan narkoba. Ekstrakulikuler bulutangkis SMK Negeri 2 Cilacap melatih siswa untuk lebih mahir bermain bulutangkis, khususnya agar dapat berprestasi dalam bidang olahraga bulutangkis baik dalam cakupan kabupaten, provinsi atau nasional.

 

5. Basket
Ekstrakulikuler basket merupakan kegiatan yang diikuti oleh siswa yang memiliki minta pada bidang olahraga basket. Dalam ekstrakulikuler basket, siswa dilatih agar kemampuan bermain para siswa semakin baik. Selain dididik secara skill, para siswa juga dilatih secara mental agar memiliki mental yang baik dalam menghadapi pertandingan atau kejuaraan. Ekstrakulikuler basket SMK Negeri 2 Cilacap bertujuan untuk menyalurkan hobi dari para siswa dalam bermain basket serta mengembangkan keterampilan siswa dalam bidang olahraga basket dan dapat bersaing di berbagai kejuaraan.

 

6. Tae Kwon Do
Ekstrakulikuler tae kwon do sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada seni bela diri tae kwon do. Ekstrakulikuler tae kwon do SMK Negeri 2 Cilacap membantu membangun sikap dan mental positif siswa untuk memanfaatkan seni bela diri tae kwon do bagi hal-hal positif dalam kehidupan bermasyarakat.

 

7. Pencak Silat
Ekstrakulikuler pencak silat melatih ketrampilan siswa dalam bela diri pencak silat. Ekstrakulikuler pencak silat SMK Negeri 2 Cilacap membantu membangun sikap dan mental positif siswa untuk memanfaatkan seni bela diri pencak silat bagi hal-hal positif dalam kehidupan bermasyarakat.

 

8. Atletik dan Menembak
Ekstrakulikuler atletik dan menembak melatih ketrampilan siswa dalam olahraga atletik dan menembak. Ekstrakulikuler altetik dan menembak SMK Negeri 2 Cilacap membimbing dan menyiapkan siswa-siswa dalam cabang olahraga atletik dan menembak agar mampu mengembangkan bakatnya dan meraih prestasi setinggi mungkin dalam cabang olahraga atletik dan menembak.

 

9. Karawitan
Ekstrakulikuler karawitan melatih ketrampilan siswa dalam memainkan alat musik karawitan jawa. Ekstrakulikuler karawitan SMK Negeri 2 Cilacap membantu membangun sikap cinta budaya leluhur, budaya Indonesia khususnya seni karawitan jawa. "Nguri-uri" atau menghidupkan kembali budaya tradisional ditengah gerusan budaya modern.

 

10. Seni Musik

Ekstrakulikuler seni musik merupakan kegiatan yang diikuti oleh siswa yang memiliki hobi menyanyi dan bermain musik. Ekstrakulikuler seni musik SMK Negeri 2 Cilacap membangun ketrampilan siswa dalam mengolah suara dan memainkan alat musik dengan baik dan benar.