Wisuda lulusan dan pelepasan siswa SMK Negeri 2 Cilacap diadakan di lapangan SMK Negeri 2 Cilacap pada hari Senin (14/5/2018) pagi. Acara wisuda lulusan tahun ke-5 kali ini mengusung tema “Menyongsong Masa Depan Cemerlang”.

 

Dalam laporan, Ketua panitia wisuda, Faujan, S.Pd mengatakan, acara wisuda lulusan dan pelepasan siswa untuk Kelas XII ini rutin diadakan pada setiap akhir tahun pelajaran mulai dari tahun pelajaran 2013/2014 sampai sekarang.

 

“Setelah tiga tahun berdinamika dalam proses belajar dan mengajar, kini saatnya sekolah mengembalikan para siswa ini kepada orang tua. Selamat berjuang anak-anakku.” pesannya.

 

Sedang Wakasek Bidang Kurikulum SMK Negeri 2 Cilacap, Agus Sri Setyana, S.Pd menyampaikan, pada tahun pelajaran 2017/2018 ini, sebanyak 518 siswa dari 7 Kompetensi Keahlian dinyatakan lulus. Atau dengan kata lain, siswa SMK Negeri 2 Cilacap lulus 100 persen.

 

Dalam wisuda lulusan dan pelepasan siswa ini, sekolah memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik sebagai juara umum berdasarkan Nilai Hasil Ujian Sekolah, Ujian Nasional, dan Nilai Uji Kompetensi Keahlian yang diberikan kepada Rudiyanto dari kelas XII Teknik Pemesinan 3 dengan nilai rata-rata 85,9.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMK Negeri 2 Cilacap Drs. Sri Muladi, M.M juga memberikan penghargaan kepada Gregorius Giga Abdipatria dan guru pembimbingnya Tjasmonah, S.Pd karena telah menjadi juara pertama pada LKS SMK tingkat nasional di Lombok dan memiliki kesempatan untuk berkompetisi di World Skills Competition (WSC) di Rusia.

 

Selain prosesi wisuda, pada tanggal 15 Mei 2018 atau sehari setelah wisuda. SMK Negeri 2 Cilacap juga mengadakan pentas seni dan bazaar yang diisi oleh siswa-siswi SMK negeri 2 Cilacap. Pentas seni kali ini memperlombakan beberapa band dari perwakilan kelas, sementara bazaar yang digelar merupakan aneka kuliner hasil olahan dan kreasi siswa.

 

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, kelas XI TKR 1 berhasil menjadi juara lomba band diikuti X DPIB 2 sebagai juara kedua dan X TPTL 2 sebagai juara ketiga. Dalam wawancara singkat, salah satu guru yang menjadi juri Aulia Rufaida, S.Pd berkata, ”Lomba band seperti ini sangat bagus, bisa melihat penampilan dari siswa. Jadi bisa tahu berbagai aransemen musik, jadi musik lebih terlihat berwarna. Lagipula, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat semangat siswa terutama di bidang musik dan melalui musik. Saya suka.” diakhiri dengan senyum manisnya.