Pada hari ini (13/09/2017) seluruh warga SMK Negeri 2 Cilacap sangat antusias menghadiri Upacara Penutupan LDDK Angkatan ke 18 dan Pelantikan Taruna Pelayaran SMK Negeri 2 Cilacap. Ini merupakan acara pamungkas dari seluruh rangkaian acara LDDK yang telah dimulai sejak tanggal 24 Juli 2017. Di SMK Negeri 2 Cilacap sendiri kegiatan tersebut telah dilaksanakan selama 18 angkatan atau 18 tahun sejak tahun 1999. Kegiatan LDDK merupakan program tahunan yang wajib diikuti oleh peserta didik yang telah diterima di SMK Negeri 2 Cilacap.

 

Kegiatan LDDK bertujuan membentuk karakter peserta didik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kesadaran disiplin yang tinggi, mental dan fisik yang tangguh, rasa kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, dan siap mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan visi dan misi SMK Negeri 2 Cilacap.

 

Kegiatan LDDK Angkatan ke 18 ini diikuti oleh 573 peserta, terdiri dari 539 peserta putra dan 34 peserta putri. LDDK dilaksanakan setiap hari senin sampai jum’at mulai pukul 14.00 sampai dengan 17.00 WIB di Kampus SMK Negeri 2 Cilacap. Dalam pelaksanaanya, ada beberapa kegiatan inti dalam LDDK seperti kesamaptaan, longmarch dan karantina. Longmarch dilaksanakan tanggal 25 Agustus 2017, start dari Desa Karang Tengah Kecamatan Sampang dan Finish di SMK Negeri 2 Cilacap dengan jarak tempuh 36 Km.

 

“Maka kami mengajak mari sinergitas diantara kita warga sekolah kita bangun yang lebih kokoh bangunan karakter kita, sehingga bisa mewujudkan penguatan pendidikan karakter yang akhirnya siswa dan taruna SMK Negeri 2 Cilacap memiliki keimanan dan ketaqwaan yang semakin meningkat, etos kerja yang baik, semakin meningkatnya patriotisme dan nasionalisme, kemampuan akademik yang memadai yang pada akhirnya mudah di terima di tengah-tengah masyarakat baik itu umum maupun industri.” papar kepala SMK Negeri 2 Cilacap, Bapak Sri Muladi, M.M.

 

Upacara Penutupan LDDK Angkatan ke 18 dan Pelantikan Taruna Pelayaran SMK Negeri 2 Cilacap ditutup dengan display drumband SMK Negeri 2 Cilacap dan demo atraksi peserta LDDK mulai dari Senam Poco-poco, Senam Lalin, Taekwondo dan Semapur. (zul)